Jika anda ingin membangun suatu bisnis, maka belajarlah terlebih dahulu kepada kontraktor sebuah hotel. Dalam setiap pembangunan baik itu membangun suatu gedung, asrama, atau apapun itu, harus ada pondasi yang akan menopang. Mampukah anda membayangkan gedung-gedung pencakar langit yang sudah ada jika tidak memiliki pondasi, apa yang akan terjadi?. Banyak orang mengatakan bahwa membangun suatu bisnis itu mudah, namun ada hal yang harus dibangun terlebih dahulu yaitu orang yang ingin membangun bisnis itu pula, ialah anda.

Bisnis apapun yang anda inginkan jikalau, pondasi anda sudah mantap, tidak aka ada yang mampu untuk membentengi anda untuk memulai bisnis. Bisnis adalah sebuah permainan. Ibarat anak yang baru berumur lima tahun (balita) ia akan cenderung bermain dengan apa yang ada disekitarnya,  Begitulah bisnis. Anda akan dengan mudahnya membangun sebuah bisnis jikalau anda tahu apa yang ada disekitar anda yang bisa dijadikan mainan seperti yang dilakukan anak balita tadi.

Yang harus anda tanamkan dalam diri anda untuk memulai bisnis anda adalah kerja keras, tanpa ada paksaan yang akan menekan diri anda, karena bisnis memang harus sesuai dengan passion anda sekarang ini. Jadi bisnis bukanlah bagaimana kita harus mengikuti trend bisnis yang ada saat ini sementara itu bukanlah passion anda. Anda bisa meninggalkan bisnis-bisnis yang seperti itu sekarang juga sebelum anda menyesalinya dibelakang.

Saya katakan hal seperti ini adalah pengalaman penulis sendiri. Mulailah dari kesenangan anda dan apa sebenarnya manfaat dari bisnis anda bagi orang lain. Sandiago uno seorang business man muda menyatakan bahwa dia mengutamakan kesenangan dan manfaat apa yang akan diperoleh baginya dan bagi orang lain dalam bisnisnya. Maka dari itu tidak heran perusahaan sandiago uno butuh waktu sekian tahun lebih menjalani prosesnya untuk dapat menjadi yang seperti sekarang ini.

Hal itu masih dapat eksis dikarenakan itu tidak menjadi suatu momok bagi sandiago uno, justru ia menikmati prosesnya dan banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya selama ini. Hal ini tidak akan terjadi pada mereka yang tidak menyukai bisnis bidang bisnis yang akan mereka tekuni.

Orang yang akan menjalani suatu hal yang dia tidak sukai akan cenderung jenuh dan meninggalkannya. Dan orang yang menyukainya akan cenderung mempertahankannya meskipun harus mengorbankan semua yang dimilikinya tanpa ada rasa penyealan. untuk itu, anda dapat memulai bisnis anda berawal dari kesenangan anda. Jangan pernah menganggap remeh suatu kesenangan, terkadang mereka yang senang sesuatu belum mampu menelaah ternyata disitulah bisnisnya berpeluang.

Sebuah contoh walt Disney. Siapa yang sampai saat ini tidak mengenal walt Disney?, hampir seluruh manusia dijagad bumi ini mengenalnya, tahukah anda bahwa yang dilakukan walt Disney berawal dari kesenangan?. Banyak sekali contoh-contoh yang menerangkan hal yang sama seperti walt Disney. Untuk itu, mulai dari sekarang jangan pernah anggap remeh dengan kesenangan yang anda rasakan saat ini. Bisa jadi disitulah anda berpeluang.

Sebenarnya anda tidak perlu harus bersusah-susah bagaimana memikirkan modal untuk memulai bisnis anda, diatas sudah saya singgung yang pertama yang harus dilakukan adalah membangun pondasi, yakni pondasi diri. dengan anda membangun diri anda akan memiliki nilai tambah pada diri anda, sehingga itu akan mempermudah proses bisnis yang akan anda geluti nantinya. jikalau pohon tidak memiliki akar maka pohon itu akan mati dan tak mampu bertahan hidup lagi. Namun jikalau pohon memiliki akar yang besar, daun yang rindang, ranting-ranting yang besar dan lebar, maka para manusia akan datang sendirinya untuk berteduh dibawah pohon yang rindang itu.

Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum terjun ke bisnis anda.

  1. Keberanian.

Keberanian mmenjadi faktor utama yang harus anda tekankan. Banyak orang ingin memulai bisnis namun tidak ada yang pernah terjadi, mengapa? Karena tidak adanya keberanian yang mereka miliki. Kebanyakan dari mereka masih berpikir akan efek-efek negative yang akan terjadi hingga akhirnya tidak jadi memulai bisnisnya.

Kurangnya keberanian dalam mengambil tindakan serta pengambilan resiko. Tantangan dalam segala hal pastilaah ada. Bukan hanya dalam bisnis saja, hidup juga penuh dengan tantangan. Tantanganlah yang akan membangun pondasi dan karakter yang akan meneruskan kelancaran bisnis kita.

  1. Perbaiki Karakter Anda.

Karakter yang kuat akan membawa anda pada titik puncak kejayaan dalam bisnis anda. Karakter terkait dengan pondasi yang telah disebutkan yang akan menjadi modal awal untuk memulai bisnis anda.

  1. Kemanakah Focus Anda Arahkan.

Focus dan komitmen sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Banyak buku yang akan menerangkan pada anda bagaimana caranya memulai bisnis, yaitu dengan focus. Namun masih sangat minim yang mampu menjalankan kata focus ini.

Focus berarti ada komitmen yang harus dijalankan didalamnya. Dan seiring berjalannya focus dapat dimaknai dengan statis pada satu bidang yang akan dijalani. Anda boleh saja membangun bisnis ratusan bisnis, namun anda tidak akan mampu membangun semuanya sekaligus. Anda harus focus satu persatu.

Siapa ygn tidak mengenal Richard branson, pendiri virgin group. Branson mampu membangun bermacam-macam bisnis yang tak terhitung jumlahnya. Namun tidaklah ia membangunnya secara bersamaan dan pada waktu yang sama.

Branson membangun virgin group butuh waktu yang sangat panjang sampai akhirnya ia memiliki bisnis yang begitu banyak jumlahnya, mulai dari rekaman sampai pada pariwisata luar angkasa. Yang dilakukan Richard branson adalah focus.

  1. Berani gagal (dare to fail)

Berani gagal. Banyak orang sangat ingin memulai bisnis namun tidak semua orang yang berani gagal untuk bisnisnya. Orang akan cenderung berpikir akan efek dari kegagalan yang akan dijumpainya. Uang habis, tenaga terkuras, waktu yang sia-sia dan income juga tidak ada. Namun sangatlah minim yang berpikiran caranya bagaimana agar tidak terjadi yang kedua kalinya gagal dalam hal yang sama.

Kebanyakan orang akan berpikir dan berhenti pada masalahnya. Kegagalan adalah salah satu masalah. Namun orang sering sekali berhenti pada masalah itu sendiri bukan pada penyelesaiannya. Padahal masalah itu akan terselesaikan jika ada solusi yang dipikirkan. Yang sering terjadi saat ini mereka belum memahami bahwa kegagalan itu sebagai pelajaran yang sangat berharga jikalau mereka menyikapinya dengan positif. Maka dari itu tidak banyak perusahaan yang bertahan lama dikarenakan kurangnya dalam menyikapi kegagalan.

Kegagalan dalam berbisnis merupakan suatu hal yang lumrah, bahkan sebagian orang mengatakan bahwa kegagalan memang suatu keharusan dalam menjalani bisnis. Kegagalan merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh suatu pebisinis sebagai bentuk proses menuju posisi yang lebih aman lagi. Maka dari itu, mau tidak mau atau suka tidak suka haruslah dipersiapkan diri untuk mengatakan maju terus untuk menghadapi kegagalan.

Banyak orang yang tumbuh semakin baik karena kegagalannya. Semua ini telah dirasakan oleh beberapa perusahaan yang akhirnya menjadikan mereka mendunia diakibatkan pelajaran yang sangat berharga dari sebuah kegagalan yang mampu mereka sikapi dengan positif.

  1. Berani mencoba untuk mencoba (dare to trying to try)

Point penting yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis adalah mencoba (trying). Anda harus memberanikan diri anda untuk mencoba melangkah. Mencoba untuk mencoba memulai bisnis anda. Banyak orang sudah memiliki konsep yang matang namun tidak semua nya yang langsung take action terjun untuk mencoba memulainya.

Kalau yang anda lakukan hanyalah berteori s dan mengkonsep saja tanpa mencoba, maka itu akan sia-sia. Sampai koki sekalipun yang sangat ahli dalam bidang masak-memasak akan mencoba mencicipi masakannya terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah masakan sudah layak dengan rasanya atau belum.

Begitu pula halnya dalam bisnis. Bagaimana bisa tahu dan mengerti keadaan pasar dan keakuratan dari konsep analisis, tanpa mecoba konsep itu sendiri. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam perjalanan bisnis nantinya. Mental untuk mencoba selayaknya sudah menjadi bagian dari hidup seorang pebisnis.

  1. Berani bermimpi (dare to dream)

Bermimpilah dengan optimis akan terwujudnya bisnis anda sebelum anda memulainya. Bermimpilah akan kejayaan bisnis anda nantinya. Gantungkan mimpi-mimpi anda dipuncak gunung tertinggi, agar anda mampu melihatnya keatas. Tuliskan akan kejayaan apa yang anda inginkan akan bisnis anda, karena hanya dengan menulis mimpi-mimpi anda akan masuk kealam bawah sadar anda. Perlu anda ketahui, cara kerja alam bawah sadar sangatlah berpengaruh akan terwujudnya mimpi anda. Alam bawah sadar anda adalah pusatnya perlakuan. Jika anda mampu meletakkan mimpi-mimpi anda dalam posisi alam bawah sadar. Saya ucapkan selamat kepada anda. Bersiaplah untuk mencapai kejayaan bisnis anda.

  1. Desain ulang hati anda.

Kesetaraan hati akan berdampak positif terhadap bisnis yang kita jalankan. Hati menjadi tempat kembalinya kita akan keputusan yang kita lakukan. Hati tidak mampu berbohong. Hati sebagai symbol kecintaan dan kedamaian. Berdialoglah dengan hati anda atas keputusan yang akan anda ambil dalam bisnis anda.

Sebenarnya semua yang hidup memiliki hati, hati yang sama seperti semua manusia. Tidak ada perbedaan antara hati seorang pengusaha dengan hati seorang pengusaha dengan yang lainnya. Hanya saja proses kerja dan pemanfaatan hatinya yang berbeda. Hati tidak akan mampu berbohong. Kepedulian dan kepekaan dalam menggunakan hati dalam berdialog maupun segala hal akan membawa kita pada yang benar pula.

Demi kelancaran rencana anda untuk membangun bisnis anda, silahkan desain ulang hati anda. Apakah anda sudah merasa memiliki hati yang benar untuk memulai bisnis anda?. Atau sebaliknya?.

Membangun sebuah bisnis ibarat seorang pengrajin. Pengrajin akan memanfaatkan apa yang bisa ia gunakan sebagai karyanya. Seorang pengrajin akan cenderung mencari hal-hal yang baru untuk ia jadikan sebagai karyanya. Hal ini untuk menimbulkan gaya kreatifitas yang terpendam pada dirinya. Begitulah seharusnya anda yang ingin memulai bisnis anda. Anda silakan gunakan kreatifitas anda untuk mendobrak sesuatu yang belum pernah ada.

Anda mampu berbisnis tanpa menggunakan modal sekalipun seperti yang telah dilakukan oleh bong Chandra sebagai EO dan yang lainnya. Dan ternyata juga membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Inovasi-inovasi seperti ini yang perlu dilakukan untuk kepentingan bisnis anda, terutama yang ingin memulai bisnisnya.

Silahkan buang sekarang juga tentang mental block anda yang selalu menghantui dan menghambat anda dengan kata memulai  bisnis itu susah, harus pake modal banyak dan lain sebagainya. Diatas sudah dijelaskan point yang paling penting untuk memulai bisnis adalah perubahan secara pribadi seseorang itu sendiri, baik itu secara mental, emosional dan spiritual.

Semoga dengan terbangunnya komponen-komponen yang berandil sebagai pondasi, anda akan dengan sangat mudah untuk membangun gedung-gedung pencakar langit sekalipun dengan imajinasi dan inovasi serta kreatifitasi yang anda miliki.