Memilih peluang adalah salah satu strategi dalam berbisnis, peluang bukan hanya konsep melainkan action, karena hakim tertinggi dalam peluang adalah pasar.  Berpikir keluar adalah salah satu input dalam memilih peluang salah satu sifat penyeimbang dalam focus untuk para pembisnis. Temukan ide, atau ide yang ada dipoles agar mempunyai nilai tambah yang lebih, pada dasarnya setiap manusia dibekali dengan otak yang luar biasa untuk menemukan ide-ide yang kreatif dan menjual.

Menjual setengah hati merupakan kurangnya langkah totalitas dalam perdagangan, dimana hasil dan kinerja pun kan habis untuk keringat saja. Bisnis  haruslah logic , focus , unik, dan perlu diperhatikan siapa yang menjadi market, jika perlu kita gandeng orang-orang yang punya brand sebagai mitra bisnis, untuk menaikkan brand kita agar cepat tumbuh dan dikenal banyak orang.

Networking yang lemah merupakan salah satu kekurangan dalam berbisnis dimana komunikasi merupakan salah satu strategi dalam berbisnis. Kebanyakan dari kita bisa memproduksi tapi kesulitan pada market, peran patner adalah hal penting untuk networking agar bisnis kita bisa melejit ke skala global dan tidak hanya berkecimpung dalam local. Perbanyak networking, perbanyak dan perbanyak untuk memudahkan market.

Karakter personal yang kurang kuat, dimana menjadi hal yang penting dalam menghadapi lembah,puncak dalam bisnis. Factor kurang percaya diri, mudah bosan dan mudah menyerah menjadi salah satu penghambat untuk bertumbuh dalam berbisnis. Gagal di coba gagal coba lagi sampai menemukan pola yang tepat untuk mengembangkan sayap bisnis. Perlu diingat juga penyederhanaan masalah juga penting, masalah yang kompleks di pecah-pecah menjadi bagian-bagian kecil agar mudah dikerjakan.

System dan analisa sangat diperlukan dalam dunia bisnis karena dengannya para pebisnis tahu akan kekurangan dan bagaimana meningkatkan kinerja. System dan analisa yang cerdas akan menentukan profit yang akan kita peroleh. System dan analisa berbanding lurus dengan profit yang diperoleh nantinya.

Untuk mewujudkan mimpi tidak hanya bisa bermimpi, banyak para pebisnis memulainya dari bermimpi namun mereka melanjutkannya dan melaksanakan rencana mereka. Action adalah hal terpenting, tidak hanya berwacana saja. Konsep pun juga tak kalah pentingnya. Konsep cerdas dan action yang efektif akan mempermudah kita untuk mengembangkan bisnis yang baru dimulai.