Aku adalah diriku, kubusungkan dada tegap lurus kedepan disertai derap langkah  tegas pertanda keberanianku untuk melakukan perubahan dalam hidupku saat ini juga. Kusampaikan kepadamu kawan, inilah langkah awalku yang akan terus kuarungi nantinya. menginjakkan kaki di tapak bumi masa depan jaya. Karena,  kau tahu kawan untuk melakukan perubahan harus melakukan langkah awal yang itu bukan mudah. Ya, ini mengawali perubahan itu.

Perubahan dalam diriku khususnya, perubahan yang akan membawaku kepada jenjang berikutnya, perubahan yang akan mengeluarkanku dari penat yang ada yang kurasakan selama ini, perubahan yang akan membawaku dalam arena kesenangan, perubahan yang seharusnya sudah lama terjadi namun semua hanyut dihempas angin ribut bersamaan dengan ombak pantai selatan. Kau tahu kawan? Ya, menulis. Itulah selama ini yang kuinginkan namun tak kunjung sampai hingga akhirnya aku dipertemukan dengan selembar kertas biru bergambarkan salah seorang sastrawan Indonesia yang sudah taka sing lagi dihadapan bangsa Indonesia khususnya yang berjudulkan OPEN RECRUITMENT forum lingkar pena Yogyakarta.

Kau tahu kawan inilah yang dari sejak aku mengenal kata-kata sampai akhirnya aku hampir putus asa untuk mengelabuinya lagi menunggu kedatangannya. Aku sangat mengenali lambang dari lembaga yang didirikan oleh mbak Helvitiana Rosa itu yang memiliki magnet baja bertenaga  tinggi yang mampu menarik giurku kepadanya. Dan sampai akhirnya ingin rasanya aku untuk melupakannya karena aku berpikir ketika kalau aku tidak bisa termasuk didalamnya. Bahkan waktu itu aku tak tahu bahwa lembaga ini juga menampung mereka yang ingin belajar.

Ketika itu aku berpikir bahwa ini hanyalah tempat mereka para penulis handal yang sudah tenar berkat buku yang mereka tulis. Tapi ternyata pernyataanku yang dulu itu salah. Aku telah salah menilai dengan apa yang membuatku itu hampir putus asa karena mustahil untuk bisa menjadi bagian didalamnya. Dan sekarang kesempatan itu ada di depan mataku untuk bisa bertemu serta bertatap muka dengan mereka wahai para penulis handal. Kau tahu kawan, begitulah kecintaanku dulunya terhadap sastra yag kini kian hamper punah dari dalam diriku. Maka dari itu kukatakan diawal bahwa ini adalah sebuah loncatan baruku untuk kembali lagi kedunia kata. Ini kesempatan besar bagiku yang tak kan kusia-siakan tentunya.

Mungkin kau berpikir kawan mengapa aku tidak berjalan sendiri? Dengan menulis segala sesuatu itu dalam bentuk apapun itu dan terus dipublikasi dan akhirnya tinggal menikmati royalty yang terus dan terus mengalir masuk kedalam rekening?. Oh itu bukan diriku kawan. Bagiku menulis bukanlah ajang untuk pencarian mata pencaharian, meskipun ada beberapa dari mereka yang menjadikannya sebagai patokan hidupnya, akan tetapi bagiku itu bukan jadi prioritas utama, meskipun bukan sedikit diantara mereka yang menjadi kaya raya karena menulis, bahkan termasuk kedalam orang terkaya didunia yang telah ditunjukkan oleh J.K Rowling. Ya, penulis novel mega best seller Harry Potter.

Yang kubutuhkan hanyalah kesenangan dan kedamaian jiwa yang akan membawaku kepada ketentraman. Bagiku itulah salah satu keuntungan dari menulis, bergelimpangan didunia pikiran dan tenggelam diatas kertas putih yag dilumuri tinta hitam, akan membuatku hanyut ke alam ketenangan jiwa. Dengan jiwa yang tenang maka karya itu akan menghasilkan publikasi yang menenangkan pula, dan akan menghasilkan pendapatan yang akan membuat tenang hati yang signifikan, jadi semata-mata tidak menjadikan prioritas utama, akan tetapi pendapatan itu akan mengekor dengan sendirinya dari belakang. Maka dari itu aku bertekad untuk ikut partisipasi di dalamnya, dan sangat berharap ikut berkontribusi didalamnya.

Terima kasih ku ucapkan kepada pengurus yang telah membangkitkan kembali gairah saya yang hampir akan punah dalam hal dunia tulis-menulis. Mungkin dengan adanya recruitment ini saya mampu melakukan perubahan itu dalam diri saya. Dan semoga FLP benar-benar tidak hanya menampung mereka yang berbakat saja, akan tetapi orang-orang yang ingin belajar seperti saya juga.

tulisan ini saya buat sebagai persyaratan untuk menjadi anggota FLP yogyakarta

hahahahahaaaa