Dalam fenomena kuantum energi terdistribusi secara diskrit artinya distribusi energi dalam bentuk paket-paket gelombang. Paket-paket gelombang berarti tiap bagian akan memenuhi kapasitas dari tiap gelombang. Agar partikel dapat melepaskan elektron dari permukaan logam partikel penumbuk harus memenuhi energi ambang elektron di permukaan lempengan. Bila energi yang dimiliki partikel penumbuk melebihi energi ambang, maka sisa energi akan dikonversi menjadi energi kinetik elektron. Bila energi proyektil tidak mencukupi batas ambang, maka elektron tidak akan terlepas dari lempengan.

Di perusahaan/tempat kerja, sistem menejemen akan mempengaruhi kinerja setiap anggota, termasuk didalamnya standart operating procedure, hal itu yang akan memberikan intruksi kepada awak perusahaan langkah apa yang akan dikerjakannya. Indikator dalam memenuhi kinerja yang baik yakni dibuktikan dengan produktivitas awak perusahaan tiap bagian, produktiv berarti:

· Menyelesaikan pekerjaan cepat, tepat, tanggap, bersih, rapi dan rajin,

· Mampu menghasilkan kualitas kerja nyata,

· Hasil dari suatu pekerjaan sesuai dengan kapasitas kerja yang dilakukan bahkan lebih

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja? Bekerjalah sesuai dengan paket-paket itu. Sebagai atasan hendaknya memahami kemampuan dan kapasitas para karyawan sesuai kemampuan dan keinginannya, menempatkannya di posisi yang dia merasa senang dan nyaman dengan pekerjaannya, dengan kesenangan akan timbul ide-ide untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerjanya.

Namun perlu diketahui, untuk menciptakan lingkungan perusahaan yang produktif itu susah, tapi bisa. Bagaimana caranya? Dengan menciptakan energi yang melebihi batas energi ambang, salah satunya dengan menciptakan gaya luar, dalam hal ini gaya eksternal dapat dilakukan oleh atasan. Gaya eksternal apa yang harus diciptakan?

Pada dasarnya manusia akan menjauhi apa yang mereka tidak merasa nyaman dengannya. Kenyamanan, kepuasan, kesejahteraan dan lingkungan kekeluargaan perlu diciptakan dalam tempat kerja untuk memenuhi kebutuhan psikologis para pekerja dalam perusahaan.
Untuk itu diperlukan pendekataan para pimpinan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh pekerja di perusahaan. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan produktivitas pekerja.

·  Gaji yang dapat mencukupi kebutuhannya

·  Kenyamanan tempat kerja

·  Sistem menejemen perusahaan yang terbuka

·  Partner kerja yang saling melengkapi

·  Menunjang karir

·  Suasana lingkungan yang membangun

·  Kebijakan pimpinan yang adil dan bijaksana

Dalam hal ini kebijakan dan kepedulian pimpinan sangat dibutuhkan untuk bisa meningkatkan kinerja dalam perusahaan. Sebagai pimpinan hendaknya mengetahui apa dan bagaimana proses kerja yang dilakukan seorang pekerja, sebagai pimpinan hendaknya dapat merasakan dan memberikan solusi yang membangun seorang pekerja, sebagai pimpinan hendaknya mampu membangun hubungan baik dengan para pekerja dengan memperhatikan langsung apa yang sedang dikerjakan seorang pekerja, sebagai pimpinan hendaknya memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk memberikan masukan-masukan terkait untuk peningkatan kerja dalam perusahaan pertanda simpatik terhadap pekerja.

Bagaimana dengan kenaikan gaji pekerja? Seharusnya ini hal yang patut untuk disukuri oleh pimpinan perusahaan, artinya energi yang dimiliki oleh pekerja jelas semakin bertambah. Kaitannya dalam fisika tadi bahwa pertambahan energi harusnya akan dapat mempercepat elektron untuk bergerak. Sama seperti halnya energi para pekerja yang harusnya di imbangi dengan kualitas kerja yang semakin meningkat. Maka dari itu para atasan perlu mengadakan penyadaran buat pekerja akan semakin
besarnya energi yang mereka miliki saat ini, dan tentunya hal itu harus dikonversi menjadi kualitas kerja yang semakin meningkat dan produktiv.

Dengan demikian
perusahaan tidak perlu menaikkan harga barang di pasar. Dunia usaha adalah dunia yang serba “kuantum” dalam kuantum dinyatakan bahwa melakukan pengukuran pada suatu sistem akan merusak sistem tersebut. Pengukuran dalam sistem kuantum dengan mengenakan operator (produk) terhadap sistem, sehingga akan menghasilkan
kemungkinan nilai (produk) yang akan muncul dengan probabilitas tertentu.

http://www.ciputraentrepreneurship.com