Tidak ada yang melarang jika kau ingin membantu, tidak ada yang melarang jika kau ingin memberi, tidak ada yang melarang jika kau ingin beramal. Semua orang bebas bebuat. Dan mengharap dari apa yang dikerjakan adalah manusiawi.

tapi cobalah untuk berhenti menjadi seorang pengharap.Mengharap hanya akan menghabiskan energi, mengharap hanya akan menimbulkan kekecewaan bila itu tak kesampaian, mengharap akan menjadikan kita orang yang lemah. Apalagi harapan itu kau gantungkan pada Manusia #OMG.

Manusia makhluk yang lemah, Manusia tak kuasa, dia belum tentu bisa mewujudkan keinginanmu, manusia hanya akan membuatmu kecewa, manusia hanya akan membuatmu merana karena manusia punya nafsu, nafsu yang belum tentu menimbulkan efek baik untukmu.

Saat  kau menolong seseorang dengan penuh keikhlasan, maka tuhan akan menjanjikan balasannya. Namun selang waktu beberapa hari dia amat-amat mengecewakanmu, apa yang akan kau perbuat? Tanpa rasa sadar kau akan mengungkit atas kebaikan yang kau perbuat padanya.

“Dasar anak gak tau diuntung, baru aja gue pinjemin. Eh, ini malah ngerusakin Motor gue”

Hilanglah pahala itu.

Disaat susah dia datang padamu, disaat senang ia akan meninggalkanmu, apa yang kau rasakan? Apa kau akan berkata:

“Kalau susah aja baru ingat, Kalau senang? Mana pernah ingat, huh memanglah”

Jangaaaann!!! Berbuat baik tidak harus mengharap, menebar kebaikan, kedamaian adalah tugas makhluk di dunia ini tanpa harus mengharap suatu harapan yang bila tidak sesuai dengan keinginanmu akan menimbulkan kekecewaan. Berhentilah Jadi Seorang Pengharap.

Menharap apapun itu, JIka kau seorang penulis, berhentilah berharap tulisanmu dibaca. Jika kau seorang Lomba Lovers berhentilah mengharap untuk menang. Jika kau seorang lelaki, berhentilah mengharap untuk diterima. Jika kau seorang karyawan, berhentilah mengharap kerjaanmu dilihat. Jika kau seorang mahasiswa, berhentilah mengharap nilai yang baik. Just Stay Cool dan lakukan yang terbaik.

Bagaimana kalau harapan itu kita gantungkan pada tuhan? It’s oke. Namun perlu diingat sekali lagi, silahkan gantungkan harapan itu kepada tuhan, namun jangan kau pernah merasa kecewa dengan apa balasanny.

“Katanya tuhan gak akan mengecewakan hambanya, dan dia akan mengabulkan segala doa seorang hamba apapun itu”

“Yes, You’re Right, namun coba lihat dulu diri sendiri, kira-kira ketika kita meminta apa yang kita inginkan itu, sudahkah diimbangi dengan kapasitas keimanan dan amal yang kita perbuat? Dia tidak melarangmu mau minta apa, mintalah sesuka hatimu, dia belum mengabulkan doamu karena perbuatanmu belum seimbang dengan apa yang kau mau. Permintaanmu akan dikabulkan disaat amalmu sesuai dengan permintaanmu.”

Sekali lagi, berharap hanya mengurangi energi. Sedang medan tempur akan semakin mendekat dan membesar. Dia tidak diam, Dia Maha melihat, Dia Maha mendengar, Dia Maha segalanya,  Cukup lakukan pekerjaanmu sebaik mungkin, Niscaya cahaya itu akan menjemputmu.

Just Stay With Your Best Act without Hopful. #MorningMaster 🙂