image

Kemaren ada jadwal nge-las tiang untuk plangisasi ke tukang las. Tidak ada yang kebetulan, kami mendatangi markas pak samiyo dengan tujuan tersebut. Aziz, teman yang bertanggungjawab masalah ini sempat adu pendapat dengan si tukang las, anggota pak samiyo. Dia sudah menjelaskan panjang lebar keinginannya tapi kok sepertinya tidak ada titik temu dengan tukang las. Hmmmm.

Aku coba mendekat mendengar apa yang mereka bicarakan. Tak perlu waktu yang lama aku sudah paham maksud di mas tukang las itu. Ternyata si aziz yang agak loading, dia gak begitu paham pembicaraannya dengan mas tukang las itu. Haddeh.

Mereka memutuskan untuk untuk menunggu sampai selesai dilas. Katanya itu bentuk tanggungjawab yang harus diselesaikannya. Aku jadi terikut menunggu. Menunggu di pinggiran jalan dibawah teduhan semacam knopi dan ada meja jualan dawet juga gorengan yang lagi nganggur, libur jualan katanya.

Agak bosen juga, menghilangkan kebosanan itu kami putuskan beli tahu guling 1 porsi, 2 gelas es teh dan itu semua dibagi untuk 4 orang. Romantis. Setelah tahu guling habis barulah datang beliau pemilik bengkel pak samiyo. Bukan nama yang asing di kampung ini.

Beliau menceritakan pengalaman suka duka nya menjalani usaha nya yang sekarang ini. Dapat ilmu lagi. Kata-kata yang masih kami ingat “memang saya kecil mas, tapi pengetahuan saya ligkung jawa tengah, luar kota ok. Luar pulau juga Ok” katanya sambil menyemangati.

Terus hubungannya sama judulnya apa neh? Kok ceritanya ngelantur? Maaf, tadi keceplosan jarinya jalan terus. Begini, ketika sedang finishing, aku yang lagi di depan tak sengaja melihat kebawah. Ternyata ada polibag unik, selain bengkel beliau ini juga usaha bibit cabe. Jadi banyak bibit di bagian depan bengkelnya. Ada juga taneman yang di polibag tapi gak tau tanaman apakah itu, fokusku ke polibagnya.

image

image

image

Coba perhatikan polibagnya, bekas bungkus minyak goreng yang sering kita buang-buang. Aku juga baru dong, ketebalannya sama, tinggal di tusuk-tusuk aja bawahnya. Jadi deh.

Nah, itu. Jadi kalau minyak goreng nya sudah habis bungkusnya jangan dibuang yaa, diisi tanah aja atau cocopeat + arang sekam, setelah itu ditanemi cabe, tomat, dan taneman lainnya.

Gitu yaa. Good Morning!!